Mengenal Lebih Dekat Fenomena Cadel


Cadel (biasa disebut juga cedal atau pelo, red.) adalah ketidakmampuan seseorang untuk melafalkan huruf tertentu, sehingga mengucapkan suatu huruf menjadi huruf lainnya. Ketidakmampuan ini biasa dialami pada usia anak-anak. Namun, ada pula yang mengalaminya hingga dewasa.
Mitosnya, cadel disebabkan karena lidah yang pendek. Namun, ternyata anggapan tersebut salah karena setiap orang cenderung memiliki panjang lidah yang hampir sama. Cadel disebabkan karena perbedaan pada bagian frenulum linguae. Frenulum linguae adalah jaringan yang menghubungkan dasar mulut dengan lidah.
Solusi untuk orang yang mengalami gangguan cadel adalah dengan melakukan terapi bicara (speech therapy) oleh pakarnya. Gangguan ini dapat sembuh asalkan memang tidak terdapat kelainan atau gangguan kesehatan lain. Dalam latihan ini dilakukan gerakan napas atau pelafalan huruf yang sulit diucapkan tanpa bantuan pakar.
Untuk menghindari adanya gangguan pelafalan ini, orangtua diminta untuk tidak menirukan logat cadel si anak yang masih berbicara dengan gaya cadel.
Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar